Sabtu, 08 Maret 2008

Trans Jogja: Jogjakarta's not Jakarta

Kalo Jakarta udah populer dengan Busway-nya, kini Jogja pun gak mau kalah... Sejak pertengahan februari lalu, tepatnya 18 februari,Bus Patas Trans Jogja resmi beroperasi. Apa bedanya Trans Jakarta dan Trans Jogja? Kalo ditanya bedanya, aku gak bisa menggambarkan secara pasti karna aku belum pernah naik Trans Jakarta. Yang pasti mereka bukan bagian dari Transcorp yang menaungi TransTV dan Trans7 (koq malah ngomongin tentang TV ya?)....Kali ini aku akan bercerita tentang Trans Jogja karena kemaren aku baru mencobanya...

Sebenarnya udah lama aku pengen mencoba naik Trans Jogja (TJ), pengen tau apa bedanya angkutan umum yang baru ini dengan angkutan umum yang udah ada sebelumnya. Untunglah kemaren libur dan aku sedang gak ada kegiatan, makanya aku bisa keliling Jogja dengan naik TJ....

Sore hari perjalanan dimulai... Dari kos aku pake motor menuju Shelter terdekat (Aku baru tau kalo ternyata sebutan untuk Halte TJ itu adalah Shelter) yaitu depan KOPMA UGM. Motor aku parkirkan disitu lalu jalan kaki menuju shelter (Niat banget gak sih,hehehe...). Sempet baca2 sebentar mengenai rute2 yang bakal dilalui TJ untuk masing2 trayek. Namun belum selesai membacanya, Bus TJ datang... Aku fikir kalo nunggu Bus berikutnya pasti bakal lama, jadi mending langsung naik yang ini aja. Bergegas aku membeli karcis agar bisa naik bus yang ini... Pas beli karcis, aku fikir bakal dapet potongan karcis sebagai bukti kalo kita dah membayar lalu karcis tersebut digunakan sebagai pass masuk ke dalam TJ (layaknya nonton bioskop gitu deh), tapi ternyata tidak... Petugasnya hanya mencatat manual lalu aku diperbolehkan masuk...


Oya, uang yang aku keluarkan untuk membeli karcisnya adalah Rp.3000,-. Ini adalah tarif untuk Umum sedangkan kalo untuk pelajar dikenakan tarif sebesar Rp.2000,- (Ternyata Mahasiswa tidak termasuk golongan pelajar tho,heheh). Kalo ingin lebih irit lagi kita bisa menjadi pelanggan dengan terlebih dahulu membeli kartu perdana...


Oke, sekarang aku dah berada di dalam Bus TJ. Aku mengarahkan pandangan ke kiri dan ke kanan celingukan mencari kursi yang kosong... Posisi kursi dalam bus ini melingkar seperti O dengan bagian tengahnya kosong yang disediakan untuk yang berdiri . Ternyata masih ada satu kursi yang tersisa yaitu di belakang tepat bagian tengah, akupun menuju kesana... Posisi yang cukup nyaman menurutku karna daripada dapat bagian yang sisi kiri atau kanan maka posisi duduknya bakal menyamping.


Jam dinding digital yang ada di Bus itu tepat menunjukkan pukul 16.15. Kesan pertamaku naik TJ cukup menyenangkan... Ruangannya dingin ber-AC, kursinya lumayan nyaman dan buat yang tidak dapat tempat duduk disediakan pegangan untuk berdiri. Selain itu bus ini juga menyediakan alat pemecah kaca yang dapat digunakan sewaktu2 dalam keadaan darurat. Nilai plus lainnya adalah Bus ini bebas asap rokok yang membuat aku tambah betah berada disana (Tapi buat yang perokok pasti gak suka deh ya,hehehe). Mataku mulai berkeliling menghitung jumlah kursi yang ada untuk mengetahui kapasitasnya. Jumlah kursinya 22 buah, dan jumlah pegangan buat yang berdiri juga sama. Jadi totalnya dapat diitung sendiri lah ya...


Sampai di shelter pertama yaitu depan hotel Grand Mercure, namun gak ada penumpang yang naik sehingga perjalanan terus dilanjutkan lagi... Oya buat kamu yang belum tau, penumpang TJ ini hanya boleh naik dan turun di shelter2 yang telah ditentukan, tidak seperti Bus kota yang ada di jogja yang bebas menaikkan dan menurunkan penumpang dimana aja... Sebenarnya aku gak tau Bus ini akan menuju kemana karna tadi asal naik aja... Bahkan bus ini trayek nomer brapa akupun gak tau. Namun itu bukanlah suatu masalah bagiku, karna tujuanku juga hanya ingin jalan2 dan mencoba TJ. Karna tadi aku naik dari KOPMA UGM maka nantinya pasti Bus ini akan melewati jalur itu lagi. Makanya aku gak perlu bertanya dan gak mungkin aku akan tersesat... Perjalanan terus berlanjut sampai jalan tentara pelajar-sarkem-malioboro. Di Shelter depan Inna Garuda Hotel penumpangbertambah banyak sehingga Bus jadi penuh dan banyak juga yang berdiri... Gak masalah, toh aku masih asik duduk dibagian belakang...Coba aja bus ini ada musik atau nyetel radio pasti aku lebih betah lagi...


Perjalanan makin jauh aja, aku fikir dari ujung malioboro bus akan belok kiri ternyata tidak, bus-nya malah belok kanan lalu sampe menuju jokteng... Ada yang lucu setiap mau nyampe shelter, kondektur-nya selalu ngomong kayak pramugari di pesawat: "Penumpang yang terhormat, saat ini kita hampir tiba di shelter bla...bla...bla...Bagi anda yang ingin turun di shelter ini harap mempersiapkan diri dan perhatikan barang bawaan anda jangan sampai ada yang ketinggalan...". Whahahaa, lucu juga mendengarnya... Tapi suara kondekturnya pelan banget, mungkin udah kecapean kali ya secara ini dah sore. Pasti bosen banget deh ya mengulang kata2 yang sama (yang beda cuma nyebutin nama shelternya aja) setiap 15-20 menit sekali mulai jam 5pagi sampe 10 malem...


Perjalanan akhirnya sampai ke Terminal Giwangan, kemudian menyusuri kota gede lalu menuju janti... Dari janti aku berharap kalo bus ini akan belok kiri (Arah Amplas). Oh God, ternyata Bus ini malah belok kanan, aku takut kalo bus ini bakal nyampe Prambanan soalnya salah satu trayek TJ ada yang nyampe Prambanan. Kalo nyampe Prambanan bakalan lama baru pulang ke Depan Kopma lagi. Untungnya bus ini ternyata hanya nyampe Bandara Adi Sucipto lalu muter lagi ke arah barat kemudian Ring road Utara lalu menuju jakal sampai akhirnya aku turun kembali di shelter Kopma UGM. Total perjalanaku lebih kurang 2jam... Oya, sebenarnya kalo aku tidak turun dari bus dan ingin meneruskan perjalanan lagi maka aku tidak perlu membayar lagi. Kalopun turun dari bus itu dan transit disebuah shelter lalu naik TJ trayek lainnya maka aku juga tidak perlu membayar lagi. Jadi dengan 3000 itu sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai trayek asalkan tidak keluar dari shelter... Bahkan kalo mau naik dari jam 5 pagi sampe jam 10 malem merasakan seluruh trayek bisa hanya dengan membayar 3000 saja asal tidak keluar dari shelter (ini untuk orang yang kurang kerjaan,hehehe)...

Kenyaman lainnya yang ditawarkan TJ adalah lebih aman dibanding bus kota. Pencopet lebih susah beroperasi karna bus hanya berhenti di shelter2 saja, kalopun ada copet pasti copet tersebut udah sangat ahli sekali. Selain itu di dalam TJ juga bebas pengamen, jadi buat orang2 yang gak suka "gangguan" pengamen dapat lebih merasa nyaman lagi. Tapi gak semua pengamen itu "pengganggu" lho, karna kadang aku juga terhibur dengan nyanyian pengamen membawakan lagu2 hits (kadang juga lagu2 jadul jaman Ratih Purwasih,hehehe) dengan versi mereka sendiri, terutama pengamen2 yang ngamen pake team gitu (kayak yang ada diperempatan Gondomanan)....

Karna udah magrib, aku memutuskan untuk pulang. Keinginanku untuk mengelilingi Jogja pake Trans Jogja terkabul sudah. Kamu pengen naik TJ tapi bingung Rute-nya, coba klik disini ada info mengenai rute-nya... Atau liat peta di bawah ini aja:

4 komentar:

Anang's Blog mengatakan...

sayangnya shelter di jalan kaliurang sedikit banget. padahal jalan kaliurang potensinya besar lho. Mungkin krn sewa tanahnya mahal kali ya?
trus kok gak ada bus transjogja yang lewat depan RS sardjito ya? ah sayang...

Adhie Yusnadi mengatakan...

Segitu dulu aja kali nang, buat uji coba... Ntar kalo responsnya bagus kali2 aja bakal ditambah banyak lagi...

Maunya gini aja ya, kita boleh request minta dibangunin shelter disuatu tempat. trus Request yang terbanyak bakal dikabulkan. enak kan kalo gitu,hehehe

sucipto mengatakan...

ha ha ha...
aku juga pernah naek TJ alias trans jogja, rute prambanan-malioboro. Pengalaman pertama sie agak gak mengenakkan, coz aku berdiri, soalnya busnya penuh...!!! dan juga banyak berhentinya...

dari segi kenyamanan, mayan lah dari pada bus biasa.

bagi yang belum coba, wajib dicoba tuuu. oya seragam pekerja busnya pake batik ya dan mereka juga ramah2.

Adhie Yusnadi mengatakan...

Kemaren pas aku naek mereka gak pake batik tu... Pake seragam yang warnanya hijau, persis kayak warna busnya,hehehe