Selasa, 12 Februari 2008

Priit....Priit...

Pernah ga sih kesel ama tukang parkir?

”Mas tukang parkir, aku lagi kesel ma kamu niy....!!!”

Hehehe, ga sampe nyeletuk kayak gitu juga sih, tapi sempet bikin hati ini ngedumel.... Pasalnya ga semua tukang parkir itu berguna, maksudku ada sebagian tempat2 tertentu yang ga butuh penjaga parkir tapi malah dijagain sama tukang parkir....

Contohnya aja di sepanjang Jakal, hampir disetiap toko ada penjaga parkirnya. Huhh,bisa dibayangkan donk berapa banyak uang yang harus aku keluarkan hanya untuk bayar parkir kalo aku ingin masuk ke beberapa toko andaikan dari toko yang satu ke toko yang lain aku selalu membawa motor....
Sebenarnya ini bukan sekedar masalah uang tapi, tapi lebih kepada penting atau tidaknya keberadaan tukang parkir tersebut.... Yup, seberapa penting keberadaan tukang parkir tersebut.

Kemaren malem aku ke K-24 Jakal untuk membeli Redoxon & Obat flu, sementara itu motor kuparkir tepat di depan toko. Seperti biasa transaksi di K-24 itu tidak membutuhkan waktu yang lama, paling2 dalam 5 menit urusan udah kelar. Lalu akupun keluar menuju motor. Seseorang yang memakai rompi bertuliskan PARKIR mengambil kartu parkir dari jok motorku kemudian menengadahkan tangan meminta uang parkir kepadaku...

”Argh... Kalo hanya untuk meletakkan dan mengambil kembali kartu parkir itu, keberadaanmu disini ga dibutuhkan mas!” aku ngedumel dalam hati...

Sebenarnya jarak antara K-24 dan tempat parkirnya ga begitu jauh, lagipula kaca jendelanya juga transparan sehingga ga perlu tukang parkir karna aku bisa mengawasi motorku sendiri.

Sebenarnya apa sih tugas tukang parkir itu? Kalo hanya untuk menjaga keamanan maka berdasarkan fakta tersebut dapat dipastikan di depan K-24 jakal tidak membutuhkan tukang parkir. Tapi, mungkin tukang parkir itu masih dibutuhkan untuk merapikan susunan motor dan membantu pemilik motor mengeluarkan motornya dari tempat parkir.
Oke oke... Lalu, Bagaimana kenyataannya? Boro2 deh... Tukang parkir itu sama sekali tidak membantu, aku harus mengurus motorku sendiri... Itu yang bikin aku kesel... Kalau saja dia sedang sibuk mengurus kendaraan lain mungkin bisa dimaklumin, tapi ini enggak... Dia tidak sedang sibuk koq...

Bukan hanya itu, aku juga masih punya cerita yang berkaitan dengan tukang parkir. Waktu itu aku mencetak foto di PhotoTalk jakal, lokasinya persis di sebelah utara (K-24). Setelah transaksi selesai, aku menuju parkir dan mengeluarkan uang logam senilai 500 rupiah untuk tukang parkir lalu pulang. Dalam perjalanan pulang aku teringat bahwa flashdisk-ku masih tertinggal di PhotoTalk, seketika itu juga aku kembali ke PhotoTalk untuk mengambil flashdisk-ku. Sialnya, pas mau pulang lagi2 tukang parkirnya meminta uang. Busyeet... Padahal kan tadi udah aku bayar, lagipula aku kesitu cuma bentar, cuma mau ambil flashdisk. Gila deh kalo harus bayar dua kali... Apa mas-nya lupa ya kalo tadi aku udah parkir disitu? Kayaknya ga mungkin deh, soalnya waktu itu lagi sepi sehingga tidak begitu sulit untuk mengingat siapa yang barusan parkir.

Kalo diinget2 kejadian kayak gitu bikin aku kesel banget sama tukang parkir. Tapi ga semua tukang parkir koq seperti itu, banyak juga koq tukang parkir yang bertanggungjawab...

Beberapa waktu lalu aku parkir motor di depan Malioboro Mall. Seperti biasa kalo parkir di tempat2 kayak Malioboro, Gramedia, Mirota Kampus, dll penjaga parkirnya selalu ngingetin aku agar jangan mengunci stang. Tujuannya agar tukang parkir tersebut mudah mengatur susunan motor. Setelah mematuhi ”titah” tukang parkir tersebut aku langsung masuk Mall. Hampir 2 jam aku keliling dan barang yang aku inginkan pun sudah ditangan maka sudah saatnya untuk pulang. Aku menuju parkiran...
Wow, padat banget... Maklum aja sih, saat itu emang lagi weekend dan cuaca emang kondusif buat jalan2. Alhasil, Aku kebingungan mencari motorku diantara ratusan motor lainnya.

”Terus mas...terus kedepan !”, ada suara orang dengan nada setengah teriak dari arah belakang mencoba menuntunku....

Siapa ya.....? Kupalingkan wajahku, eh ternyata tukang parkir yang sedang memanduku menuju motorku.

”Hah...? Koq tukang parkir itu tau motorku ya? Padahal dia tidak sedang memegang karcisku. Darimana dia tau ya?”

“Itu mas motornya”, tukang parkir itu terus mendekat, “Ayo, pitty mas,pitty!”

Wkakaka... Pitty? Buat yang roaming, pitty itu maksudnya uang. Mungkin dia mengenaliku berasal dari sumatra makanya dia menggunakan bahasa sana...
Oke...Oke...Cukup menghibur. Dia tau aku dari sumatra pasti karna ngeliat plat nomerku BM.... Nice juga.... Tapi yang bikin aku heran koq dia bisa inget ya itu adalah motorku.
Sudahlah....

Tapi pada umumnya, tukang parkir ditempat2 keramaian seperti Mall, Gramedia, Mirota,dll udah sangat bagus koq... Mereka benar2 bekerja dan salut buat mereka...
Two Thumbs Up :)

6 komentar:

nra mengatakan...

iya dhie... dulu waktu aku ke Jogja sebelum berangkat kuliah,
aku jalan2 ke malioboro sama kapten Eed, kunci motor ketinggalan dimotornya :) ... untung tukan parkirnya baek... masih ada tuh kunci sampe kami mo balik.

Adhie Yusnadi mengatakan...

Wah, beruntung banget tu... Satu lagi contoh tukang parkir yang baek,hehehe...

sucipto mengatakan...

wah kalo ngomingin masalah tukang parkir ga da habisnya,
rata2 orang yang punya motor pasti mengalami hal yg sama...(ya minimal setiap hari ngeluarin kocek 1000 rupiah lah), kalo 30 hari=30000, belum yang lainnya....

gimana ya solusinya:
1. apa kita naik sepeda aja ato jalan so gak perlu bayar tukang parkir?(tapi ga juga, aku pernah parkir sepeda di salah satu warnet,mmm tetepaja tukang parkir minta uang parkir???0_0 huh...! padahal sepeda udak aku gembok!!!)
2. apa didepan sepeda motor kita kita tulis, "PARKIR GRATIS" maaf!!!
3. atau gini aja, kalo harus parkir yang tidak terlalu lama, kita bawa temen aja,utuk jaga sepeda motornya sebentar selagi kita belanja/yang lainnya..

tapi...
kesimpulannya tetep terkadang tukang parkir yang tidak jelas itu MENYEBALKAN....
terkadang juga dibutuhklan si.....

Adhie Yusnadi mengatakan...

Hey chip, thanx udah mampir...

Sebenarnya ngeluarin uang untuk parkir bukanlah satu masalah kalo emang realistis... Realistis maksudku kalo emang tempat itu butuh penjaga parkir ya gapapa kita bayar parkir...

Tapi tentang solusimu yang nomer 3, aku sering ngelakuinnya koq,hehe

Anang's Blog mengatakan...

tukang parkir yang gak jelas ijinnya emang bikin masalah tersendiri.

Adhie Yusnadi mengatakan...

Eh, kalo di kampungku sana lebih parah lho sebenarnya... Banyak parkir2 liar... Dah gitu bayarnya juga mahal, 1000-an...